PENDALAMAN MATERI PEDAGOGIK DAN PENGEMASAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BAGI GURU BAHASA INGGERIS SMA KABUPATEN INDRAGIRI HULU PROVINSI RIAU
Abstract
Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) dengan pertimbangan nilairata-rata ujian nasional siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggeris tahun 2008-2009 dan 2009-2010 relatif rendah. Tujuan penelitian ini adalah pengembangan mutu pendidikan, khususnyameningkatkan hasil belajar siswa pada kompetensi-kopetensi yang masih rendah dengan carameningkatkan kompetensi guru bidang pedagogik yang mencakup pengemasan perangkatpembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan dengan worrkshop pendalaMA materi pedagogik,pengembangan perangkat pembelajaran: Silabus, RPP, LKS, pengembangan bahan ajar, dan penilaianberbasis kelas. Tehnik pengumpulan data untuk melihat pencapaian adalah dengan menyebarkanangket kepada guru-guru. Hasil yang diperoleh adalah perserta sudah dapat mengembangkan silabusdari SK, KD, dan buku sumber serta dari pengalaMA mengajarnya. Penilaian pembelajaran jugamenjadi lebih baik, dan perangkat pembelajaran yang dibuat dapat membuat siswa belajar lebihaktif dengan adanya interaksi antara siswa dengan guru. Namun ada dua aspek yang belummemuaskan yakni penyusunan Lembar Kerja Siswa dan Bahan Ajar. Rekomendasi yangdiberiknadalah pelaksanaan Workshop atau Pelatihan penyusuanan Lembar Kerja Siswa, Bahan Ajar danLesson Studi.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.