HUBUNGAN ANTARA AKTIVITAS ORANG TUA MEMBANTU BELAJAR ANAK DI RUMAH DENGAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD NEGERI 024 TAMPAN PEKANBARU

Debi Febianto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antar aktivitas orang tuamembantu anak belajar di rumah dengan prestasi belajar bahasa Indonesia siswa Kelas V SDN 024Tampan Pekanbaru. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa di Kelas V SDN 024 TampanPekanbaru yang berjumlah 32 orang. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakanangket dengan teknik pengolahan menggunakan skala likert. Berdasarkan hasil penelitian detemukan:1) berdasarkan perhitungan persentase aktivitas orang tua membantu anak belajar di rumah tergolongbaik, sedangkan prestasi belajar bahasa Indonesia siswa kelas V SDN 024 Tampan Pekanbarupada kategori sedang, 2) hasil analisis regresi memberikan gambaran bahwa kedua variabel memilikihubungan dengan arah perubahan positif, tingkat signifikan pada tingkat kepercayaan 95%, 3)Koefisien korelasi yang diperoleh sebesar 0,55 sehingga dengan hasil tersebut determinasi kontribusiaktivitas orang tua membantu anak di peroleh sebesar 30%. Hasil Penelitian ini menggambarkanbahwa prestasi belajar siswa akan meningkat apabila didukung oleh aktivitas orang tua membantuanak belajar di rumah yang baik.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.