PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGUNGKAPKAN ISI CERITA RAKYAT DENGAN PENDEKATAN TERPADU SISWA KELAS V A SD NEGERI 012 TANJUNG BERULAK KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

Yurnalis '

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan mengungkapkan isicerita rakyat. Skor rata-rata kemampuan mengungkapkan isi cerita rakyat hanya 58,25persen. Penelitian ini bertuiuan untuk meningkatkan kemampuan mengungkapkan isicerita rakyat bagi siswa kelas V A SD Negeri 012 Tanjung Berulak dengan menggunakan pendekatan terpadu, maka penelitian ini termasuk dalam penelitian tindakan kelas. Dari hasil penelitian yang dilakukan maka diperoleh simpulan penelitianini ialah terdapat peningkatan kemampuan mengungkapkan isi cerita rakyat dengan pendekatan terpadu siswa kelas V A SD Negeri 012 Tanjung Berulak Kecamatan Kamparpada siklus I rata-rata kemampuan siswa mengungkapkan cerita rakyat adalah 69,85dengan kategori tendah pada siklus lI rata-rata kemampuan siswa mengungkapkan isicerita rakyat meningkat menjadi 80,25 dengan kategori tinggi. Ketuntasan belajar jugamengalami peningkataan. Pada siklus I ketuntasan belajar secara klasikal belum dapat dikatakan tuntas, tetapi setelah dilaksanakan siklus II ketuntasan belajar siswa sudahtuntas. Dari rata-rata 69,85 pada siklus I menjadi 80,25 pada siklus II dengan kategorisedang. Pernyataan di atas menunjukkan bahwa mengungkapkan isi cerita takyat dengan menggunakan pendekatan terpadu pada siswa kelas V A SDN 012 Tanjung Berulak dapat ditingkatkan dengan menggunakan pendekatan terpadu. Dengan demikian, hipotesis penelitian yang berbunyi peningkatan kemampuan mengungkapkan isi ceita rakyat dengan pendekatan terpadu siswa kelas VA SD Negeri 072 Tanjung Berulak dapat"diterima".

Kata kunci : Mengungkapkan isi, Ceita rakyat, pendekatan terpadu.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.