PENELITIAN EKSPERIMEN MODEL PEMBELAIARAN DIDAKTIK DAN KONVENSIONAL SISWA KELAS VII SMP NEGERI 7 MANDAU, BENGKALIS
Abstract
Penelitian eksperimen ini dilaksanakan di kelas VII SMP Negeri 7 Mandau,Bengkalis pada semester ganjil tahun pembelajaran 2007-2008. Tujuannya untuk mengetahui berbeda-tidaknya hasil belapr kecepatan membaca efektif antata kelompok sample yang diajarkan melalui model pembelajaran didaktik dengan kelompok sampelyang diajarkan melalui metode konvensional yarg dalam penelitian ini diistilahkan dengan CTL. Sampel penelitian ini adalah 64 siswa kelas III. Sampel ini terbagi duayakni 32 siswa kelas VII.1 sebagai kelompok eksperimen dan 32 siswa kelas VII.2sebagai kelompok kontrol. Pelaksana pembelajaran untuk dua kelompok ini adalah gurumata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas yang bersangkutan. Untuk mengetahui berbeda-tidaknya hasil belaiar itu digunakan uji statistik yakni uji t.Ho diterimayakmtidak terdapatperbedaan kecepatan membaca efektif jika -t tabel<t hitung<+tabel. Hasil penelitian memepdihatkan kelompok sampel yang diaiarkan melalui model pembelaiaran didaktikmemiliki kecepatan membaca yang lebih baik. Hasilnya selalu meningkat dibandingkandengan data pretes. Setelah dilakukan pengulangan pembelajaran, pada postes keduahasilnya ingat lebih baik dibandingkan dengan hasil postes pertama. Namun demikian,kelompok sampel yang drajarkan melalui model CTL pada dasarnya tidak ditemukanpeningkatan yang signifikan antara hasil pretes dan postes pertama begitu pula antara hasil postes pertama dengan hasil postes kedua.
Kata kunci: penelitian ekspeimen nodel pembelajaran didaktik dan konuensional
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.