PERTANYAAN YANG DIAJUKAN GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA NEGERI 10 PEKANBARU
Abstract
Pertanyaan yang diajukan guru dalam proses pembelajaran memiliki peran yangpenting. Pertanyaan tidak sekadar berinteraksi, tetapi memiliki fungsi-fungsi tertentu dandiarahkan untuk mendukung ketercapaian pembelajaran. Hal ini mendorong dianalisisnya konseppertanyaan yang diajukan guru berdasarkan fenomena yang ditemukan dilapangan. Hasilnyamengindikasikan bahwa jenis pertanyaan yang diajukan guru dalam pembelajaran bahasaIndonesia berupa pertanyaan perihal. Kata tanya yang digunakan yaitu apa (apakah), mengapa,bagaimana, siap, dan mana. Kata tanya yang dominan digunakan guru adalah kata tanyamengapa. Secara umum, fungsi kata tanya yang digunakan untuk mengkonfirmasi, menegur,meminta informasi, melarang, dan meminta kesediaan.
Kata kunci : Pertanyaan guru, PBM, Bahasa Indonesia
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.