Persepsi Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas VIII SMP ISLAM AS-SHOFA Pekanbaru

Debi Febianto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara penggunaan media pembelajaran terdap hasil belajar Bahasa Indonesia. Pada penelitian ini digunakan metode survey dengan populasi penelitian adalah siswa S M P kelas VIII S M P Islam As-Shofa Pekanbaru dengan jumlah sampel 30orang, yang diambil dengan random sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data tentang penggunaan media pembelajaran ini adalah dengan menggunakan kuesioner modelkorelasi point biserial, intrumen divalidasi dengan analisis butir, sedangkan reliabilitas dihitung denganmenggunakan rumus KR-20 , sedangkan data tentang hasil belajar Bahasa Indonesia diambil darihasl nilai semester 1 mata pelajaran Bahasa Indonesia. Hasil uji coba instrument media pembelajaran diperoleh harga r = 0,90, komunikasi interpersonal diperoleh harga r = 0,91. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan hubungan positif antara penggunaan media pembelajaran dengan hasil belajar bahasa Indonesia Siswa Kelas VIII S M P Islam As-Shofa Pekanbaru. Selanjutnya adanya peningkatan hasil pembelajaran yang disebabkan oleh penggunan media pembelajaran.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.