HUBUNGAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN KEMAMPUAN MEMAHAMI BAHASA SOAL HITUNGAN CERITA MATEMATIKA MURID-MURID KELAS 5 SD 006 PEKANBARU
Abstract
Penelitian ini mendeskripsikan hubungan kemampuan membaca pemahaman dengankemampuan memahami bahasa soal hitungan cerita matematika.Sampel penelitian ini adalah 42orangmurid kelas 5 Sekolah Dasar Negeri No. 006 Tampan, Pekanbaru. Pengambilan data dilakukandengan menggunakan tes membaca pembahaman dan tes memahami soal hitungan cerita matematika.Hasil penelitian menunjukkan terdapat korelasi yang kuat atau signifikan antara kemampuan membacapemahaman dengan kemampuan memahami bahasa soal hitungan cerita matematika dengan nilai r= 0,726. Namun, hipotesis yang menyatakan bahwa jika kemampuan membaca pemahaman tinggi,kemampuan memahami bahasa soal hitungan cerita matematika juga tinggi, tidak dapat diterimaatau ditolak.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.